Jumat, 31 Januari 2014

Waspada Modus Kejahatan di Kendaraan Umum!! (pengalaman pribadi)

Kamis, 30 januari 2014...
Gue ga ngampus hari ini. Praktikum belum mulai, dan ga ada jam kuliah lain. Kebetulan besok imlek & tanggal merah, gue berencana untuk caww ke Palembang ke tempat sanak gue di sana dan kebetulan kakak dan mbak gue juga di sana.
Pagi-pagi banget gue udah bangun. Nyiapin sarapan buat gue dan temen kost gue, terus nyuci piring, nganterin tugas kalkulus II ke kost temen sejurusan gue,pulang, beres-beres kost, lalu gue berangkat ke "Timbangan" tempat biasa bus ngetem.
Awalnya kakak gue ngasih saran untuk naik bus dari terminal kampus,tapi guenya ngeyel dan ga yakin bakal ada bus yang berangkat pagi.
Gue sendirian. Gue naek angkot menuju timbangan, berhenti di tempat bus biasa ngetem, dan menaiki bus yang gue rasa bentar lagi bakal berangkat.
Gue milih duduk tepat di belakang sopir. Ga lama kemudian, ada mbak2 yang duduk di samping gue. Ga sampe 10 menit, dia keluar dari bus dan mili naek travel , karena ternyata ngetem nya lamaaaaaaaaaaa banget. Gue juga pengen ngelakuin hal yang sama kayak mbak tadi, tapi gue udah terlanjur PW. males gerak.
Lalu ada mbak-mbak lagi yang milih duduk di samping gue. Kayaknya dia mantep ga turun-turun lagi. Sekitar 1 jam kemudian, bus baru berjalan. Gue sebenernya dongkol banget -___-  apa sih yang di tunggu sampe-sampe ngetemnya lama banget.
Sekitar 15-20 menit setelah keberangkatan, ternyata lalu lintas saat itu "MACET TOTAL", bus mandek. Ga bisa maju atau mundur. Mana panas, sumpek, asap rokok everywhere. Gue pun buka hape, dan sms mbak gue yang di Palembang buat ngabarin kalo gue udah berangkat dan sekarang lagi kejebak macet.
Bete banget gue ga ada yang bisa di mainin, alhasil gue main games di gadget yang baru gue beli pas pulang kampung sebulan yang lalu. Gue pun kembali bosen, karena games nya yang itu itu mulu.

Bus nampak nya perlahan mulai bergerak, lalu lintas perlahan normal walau berjalan merayap. Gue memandangi jalan dari kaca jendela yang ga bisa kebuka, sembari nutup hidung pake jilbab pas terdeteksi asap rokok.

Tak terasa kami sudah menyebrangi jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat), itu artinya gue bentar lagi turun. Beberapa penumpang mulai turun satu persatu ketika berhenti di samping masjid agung Palembang. Sopir bus pun bilang kalo ga bisa berhenti di IP (International Plaza) tempat bus biasa berhenti, karena sopirnya mau ngejemput anak-anak sekolah. Yah dengan terpaksa lah kami semua turun walau dengan berat hati,
gue pun ngambil tas ransel gue yang lumayan berat (karena isinya laptop dan beberapa pasang baju) , saat itu gue agak terakhir keluarnya soalnya kami keluarnya sempil-sempilan. Mana badan gue 'mini' pula.
Tiba-tiba ada orang paruh baya di depan gue, menyandarkan lengannya ke pintu sehingga gue ga bisa lewat, sembari dia bilang ke sopir "Ga bisa turun di IP,mang?"
pikiran gue saat itu, kalo misal bapak ini berhenti di IP gue bisa ikutan. Entah saat itu gue kelewat polos atau bego.
Pas gue mau turun ngelewatin tangannya, dia malah kayak nyegat gue gitu walau pun secara ga langsung, gue mulai curiga saat itu.
Dalam hati gue gini : " kalo misal bapak ini mau turun di IP, harusnya dia ngebiarin gue keluar dong, kan gue ga ada urusannya sama nih orang"
Hati gue mulai berkecamuk.
Bus mulai berjalan pelan. dalam hati gue :"WOYY PAK!! KALO MAU BERHENTI DI IP LO AJA NOH YANG NYOPIR!! REMPONG AMAT !!! GUE MAU TURUN BEGO!!"

Saat itu juga gue tiba-tiba ngerasa kayak ada yang ngeganjel di tas gue, dan sesuatu di otak gue bilang, gue harus noleh ke belakang !!!!! sekarang !!!
setelah gue liat ke arah belakang,
ASTAGHFIRULLAHAL'ADZIM !!
Tas gue di buka oleh orang yang gue rasa udah kongkow sama bapak2 di depan gue buat modusin gue. Gadget yang baru gue beli itu udah pindah tangan dan dia taroh di kursi yang di deket dia, tas gue udah kebuka semua !!!!
Gue langsung ambil gadget gue itu tanpa mikir apa-apa lagi !!!
dan orang yang di belakang gue yang ngubek-ngubek tas gue tadi pun mengumpat , "Ah! kelamaan lo!" (dia ngomong sama bapak yang di nyegat gue di pintu tadi)
Gue langsung nyerobot keluar dari bus, ngelewatin orang-orang di halte.
Ketika itu juga, ada bapak-bapak datri halte nanyain gue "Ada yang hilang gak dek?" dengan tampang agak sedikit cemas, mungkin setelah liat kejadian di bus tadi.
"enggak kok pak" sambil ngelempar senyum sekedarnya.
Gue gemeter. Gue takut. Gue shock.
Gue kayak lagi mipmpi buruk. the worst dream ever! but it's REAL.

Gue menatap tajam kedua orang yang ada di bus tadi yang kebetulan mereka ga turun. (Mungkin takut gue teriak dan mereka bakal di gebukin massa)

Gue berasa mau nangis. Gue takut banget. Gue sendirian.............
Sendirian, di kota orang, dan hanya sedikit tau arah jalan.
Gue berjalan agak cepat menelusuri trotoar dengan banyak orang berlalu-lalang.
Gue ga berhenti istighfar....
astaghfirullah'adzim.......

Setelah gue pikir-pikir, gue tadi rasanya pengen nonjok mereka, atau ngedorong mereka, atau setidaknya gue teriak. tapi entah kenapa, gue ga ngelakuin apa-apa. Gue cuma diam. Dan Alamdulillah, Gue bersyukur banget. Mereka ga ngapa-ngapain gue, andaikan tadi gue ngelawan dengan mukul atau tendang atau what ever lah, gue rasa mereka juga ga bakalan diem, mereka mungkin lebih nyakitin gue.
Alhamdulillah ya allah, ternyata gadget ini masih rejeki gue.....
Dan setelah gue telaah, pas gue ngambil lagi gadget yang ada di kursi tadi, mereka juga diem aja, mereka ga ngelakuin perlawanan. Coba deh andaikan mereka nyodorin piso atau senjata tajam lainnya ke gue? Udah deh serem banget ngebayanginnya.
Dan ini bener-bener terjadi ke gue. yang biasanya gue cuma liat di reportase invertigasi (acara favorit gue), tapi ini bener-bener gue alamin.

Pesan moral dari gue buat temen-temen yang ngebaca postingan ini :
1. Turutin apa kata keluarga lo. Entah itu orang tua, kakak,mbak, nenek, kakek,tante,om, ....
2. Jangan pernah ngeluarin gadget di kendaraan umum !!! sekalipun itu penting !! Jangan banget !! atau dari rumah di nonaktifin aja gadget nya.
3. Jangan taroh gadget/dompet/barang berharga lainnya di bagian depan tas, atau di bagian paling bawah tas.
Karena menurut referensi gue, penjahat saat ini telah berevolusi dan semakin kreatif dalam mengasah kemampuan mereka. Mereka bisa aja merobek tas lo, dan dengan mudah ngambil barang-barang lo yang padahal tasnya udah di tutup rapet.
4. Jangan sekali-kali turun paling TERAKHIR ! karena semua kemungkinan buruk bisa aja terjadi pada lo.

jadi kesimpulannya,
jaga bailk-baik barang bawaan lo, karena kejahatan selalu ngintai lo dimana-mana. Ga ada tempat aman di dunia ini .
Apalagi di ibukota ...

sekian postingan dari gue.
semoga bermanfaat.
wassalam.......

0 comment:

Posting Komentar

 

Dea's journal Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template